Hi minna-san, sudah lama mimin tak nulis review anime lagi (well, sejak 2016 LOL). Jadi kali ini mumpung ada waktu dan kemarin saya nemu anime genre drama, romance, dan school-life yang greget banget baik itu ceritanya, audio, artwork begitu juga dengan karakternya! (bagi saya pribadi xD). Judulnya Just Because! yang rilis musim gugur tahun 2017 oleh Sentai Filmworks. Okay kita mulai dengan sedikit sinopsis.

(Cover Website Just Because! > )

Ceritanya berpusat pada seorang siswa SMA tahun ketiga yang pindah sekolah padahal sebentar lagi akan lulus karena pekerjaan ayahnya. Entah sudah berapa kali dia berpindah-pindah, tapi kali ini kebetulan dia pindah ke SMA di Tokyo yang merupakan kampung halamannya. Dia adalah Eita Izumi, siswa yang kelihatanya pemalah tapi cerdas (kesan pertamanya gitu). Akan ada 4 tokoh utama yang terlibat dalam cerita:Haruto Souma, sahabatnya Eita yang suka main baseball (dulu sering main bareng sama Eita). Mio Natsume, teman masa lalunya (teman SMP kayaknya) yang dulu suka sama Haruto (episode 2 ada flashback, jangan sampe ketipu, dan ini bukan spoiler XD). Kemudian ada Hazuki Morikawa, pendiri club Brass Band (itu lho yang main terompet) yang punya mode Stealth alias kehadirannya tidak begitu nampak. Terakhir ada Ena Komiya, satu-satunya siswa kelas 2 yang jadi main character. Dia adalah anggota dari club Fotografi yang sedang berusaha membujuk gurunya untuk tidak membubarkan club fotografi karena kekurangan anggota.

(Characters: Komiya - Eita - Mio - Morikawa - Haruto >)

Okay. itu pengenalan character yang terlibat dalam anime ini. Ceritanya fokus ada percintaan, ada yang cinta segitiga lah, bertepuk sebalah tangan, dan entah apa lagi istilahnya nggak paham begituan aku (bagi kalian yang baperan dan nggak kuat, sudah saya peringatkan :v)
Diawal, kita akan disambut langsung dengan pengenalan karakter-karakter utamanya diringin musik yang merdu(?) atau apa pokoknya feel-nya dapet. Kemudian di episode-episode awal akan diisi dengan beberapa komedi ringan yang cukup fresh untuk dinikmati dengan background music lembut tapi terdengan fun. Setelah itu siap-siaplah dengan cerita yang suka nikung-nikung romance utamanya.

Langsung saja scoring, seperti biasa saya nilai berdasarkan 3 aspek: cerita, audio (bgm, sound effect), dan karakter.
Story (8/10)
Saya tak begitu suka dengan drama sebenarnya, tapi untuk kali ini saya berhasil nonton sampai endingnya (o.o). Plotnya cukup enak untuk diikuti, tak terlalu lambat atau cepat. Twisted romance, yang bagiku itu berbelit-belit (akibatnya jadi baperan *I cry ) sebenarnya tak begitu suka, kadang ada pikiran "jangan kesitu... jangan lihat itu... jangan... " macam sinetron Indo. Tapi.... Jujur saja aku suka endingnya. Agak spoiler dikit, endingnya itu sweet-bitter (susah-seneng). Dari awal sampai akhir menikmati banget aku ^_^, thankyou Sentai~.

Audio (9/10)
Hal yang paling saya sukai di bagian audio adalah background music nya (suara pianonya enak banget didengerin). Pas buat ngiringin cerita yang kadang no bgm dan cuman ada efek suara, entah orang ngobrol, angin, atau yang lainnya. Namun menurutku bukannya Sentai gak niat bikinnya, tapi karena emang dibuat begitu. Saya sendiri cukup menikmatinya, kesannya dibuat santai dan slice-of-life nya jadi kerasa. Untuk dibagian sound effect, oke-oke aja. Dibagian original soundtrack, openingnya ada "Over and Over" oleh Nagi Yanagi (salah satu favorite ku ini singernya yang juga nyanyiin ostnya Nagi no Asakura xD), dan di bagian ending ada "behind" (Karin Isobe, Yuna Yoshino, and Lynn).

Artwork (9/10)
Kalau disuruh ngasih rank, aku kasih SS! Artworknya detail baik itu untuk character maupun backgroundnya. Sejenis sama KyoAni lah.  :D.

Character (8/10)
Karakteristik untuk masing-masing karakter cukup umum, ada yang cakep disukai banyak orang, ndak peka ( >.> ), dan yang paling saya sukai karakter utamanya yang dingin tapi perhatian \(OwO)/

Overal, skor nya (8.5/10) dari awal sampe akhir aku menikmati banget (sampe revisi kuliah kelupaan q.q) Ceritanya cukup santai untuk dibagian awal-awal, agak lama mulai berat. Kalo kamu suka anime genre romance ringan, wajib nonton untuk yang satu ini ^_^

{ 2 comments... read them below or Comment }

- Copyright © 2013-2014 All About Japan - Modified by tdwg Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -